How To beat Interview

Lakukan Tes Ini Dan Ukurlah Kemampuan Wawancara Anda

Jika Anda melakukan tes wawancara ini, Anda akan memiliki gambaran tentang seberapa bagus Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan dalam wawancara kerja. Baik Anda adalah orang yang baru pertama kali mengikuti wawancara maupun yang sudah berpengalaman.

Jawaban klise gampang sekali ditebak, karena merupakan jawaban yang sering dilontarkan banyak orang.

Contoh pertanyaan sang pewawancara: “Apa yang Anda cari dalam pekerjaan baru Anda nantinya?”

Jawaban klise: “Saya ingin bekerja pada perusahaan yang berorientasi pada pertumbuhan, sehingga saya dapat menggunakan kemampuan saya dan belajar serta dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan baru."

Instruksi
Setiap pertanyaan pewawancara akan diikuti dengan 3 pilihan jawaban, yakni (A), (B), dan (C). Tugas Anda adalah memilih jawaban yang Anda anggap paling efektif dalam setiap situasi. Pilihlah jawaban yang Anda anggap paling kuat. Ketika Anda mencermati setiap pilihan, berpikirlah dengan cara sang pewawancara berpikir. Dari jawaban tersebut akan terpampang informasi mendalam tentang kemampuan dan pengalaman si calon karyawan.

Setelah menyelesaikan tes ini, cek jawaban yang telah Anda pilih. Kemudian lihatlah skor Anda dan kategori peringkat kemampuan tes wawancara Anda.

Abaikanlah hasil tes pertama Anda, lalu lakukanlah tes kedua dan lihatlah apakah Anda dapat meningkatkan skor wawancara Anda. Dengan mempelajari beberapa kali contoh-contoh yang diberikan di artikel ini, Anda akan menjadi terbiasa dengan jenis-jenis pertanyaan yang nantinya mungkin akan Anda hadapi dan memberi Anda gagasan tentang jawaban-jawaban yang paling kuat untuk pertanyaan-pertanyaan itu.

Cobalah untuk membaca ulang tes wawancara Anda satu hari sebelum Anda menjalani wawancara kerja yang sesungguhnya untuk menyegarkan kembali ingatan Anda, tetapi yang terpenting adalah hal apa yang membuat suatu jawaban menjadi sebuah jawaban yang paling kuat.

Setelah Anda puas dengan skor yang berhasil Anda capai, Anda akan siap untuk menyusun cerita Anda sendiri.



PERTANYAAN PEWAWANCARA

1. "Mari kita mulai dengan menceritakan tentang siapa Anda."

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya lahir di Bandung. Ibu saya usaha katering dan ayah saya seorang dosen. Selepas SMA saya kuliah di UGM jurusan akuntansi. Saya sudah bekerja selama 5 tahun di perusahaan asing sebagai asisten auditor. Kemudian saya pindah ke bank swasta nasional dan bekerja 2 tahun sebagai auditor internal. Dan di perusahaan terakhir ini saya baru bekerja selama setahun sebagai manajer keuangan.

(B) Saya pernah bekerja di bidang pelayanan pelanggan selama 7 tahun. Dalam pekerjaan terakhir, saya memimpin sebuah tim beranggotakan 8 orang. Saya memiliki kemampuan komunikasi dan hubungan antarpersonal yang luar biasa, dan itulah yang memungkinkan saya bekerja dengan orang banyak pada beragam tingkatan. Saya punya latar belakang bekerja di perusahaan besar maupun kecil. Keunggulan saya adalah kemampuan dalam mengorganisasi dan mengoordinasikan proyek untuk memastikan agar tenggat waktu terpenuhi.

(C) Senang sekali. Apakah Anda ingin mengetahui kehidupan pribadi saya atau pengalaman kerja saya? Mana yang Anda inginkan?

EVALUASI JAWABAN
Jawaban Terkuat

(B) Jawaban ini paling kuat karena ia menampilkan ringkasan yang bagus tentang apa yang harus Anda tawarkan. Sang pewawancara mengetahui berapa tahun pengalaman Anda, jenis-jenis perusahaan di mana Anda pernah bekerja, dan apa yang menjadi keunggulan Anda berkaitan dengan pekerjaan itu. Di dalam jawaban itu juga terdapat kombinasi antara kemampuan berbasis pengetahuan, kemampuan yang dapat ditransfer (transferable skills) dan watak pribadi Anda. Di sini tampak bahwa Anda sedang berupaya menampilkan kesan yang bagus tentang diri Anda.

Jawaban Pertengahan

(A) Jawaban ini benar adanya, namun tidak sekuat jawaban (B). Ini adalah model jawaban yang mengacu pada resume atau CV: "Saya lahir, masuk universitas, dan bekerja." Akan lebih bagus jika Anda memberikan informasi yang lebih detail dan spesifik, seperti jenis perusahaan tempat Anda pernah bekerja. Jawaban yang ideal berisi gambaran yang ringkas dan padat tentang diri Anda sekarang ini.

Jawaban Terlemah

(C) Ini jawaban paling umum namun lemah. Jawaban ini tidak menunjukkan persiapan atau perencanaan sesuai yang ingin diketahui pewawancara.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.


2. "Mengapa Anda meninggalkan—atau mengapa Anda berencana meninggalkan—pekerjaan terakhir Anda?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Perusahaan melakukan reorganisasi, dan departemen saya dihapus. Pekerjaan mulai membingungkan, dan itu tidaklah mengejutkan. Saya menyukai pekerjaan saya dan orang-orang yang bekerja dengan saya, sehingga saya berharap hal itu tidak mempengaruhi kami, tetapi sayangnya kami semua harus pergi. Saya akan mencari pekerjaan yang sama dengan pekerjaan itu.

(B) Saya sedang mencari tantangan baru. Saya telah bekerja di perusahaan itu selama 2 tahun dan tidak mendapati pekerjaan itu semenarik yang pernah saya lakukan. Saya mencari sebuah perusahaan di mana saya dapat menghadapi tantangan-tantangan baru dan berkembang. Pekerjaan saya yang sekarang ini benar-benar sudah buntu bagi saya.

(C) Karena tidak ada peluang lagi di perusahaan itu, saya akhirnya memutuskan bahwa inilah waktunya untuk mencari pekerjaan baru. Saya telah menetapkan beberapa jenjang karir untuk diri saya dan itu tidak dapat saya capai di perusahaan itu. Yang saya cari adalah sebuah pekerjaan di perusahaan besar di mana saya dapat memberikan kontribusi, namun juga dapat menjajaki jalan karir yang memiliki lebih banyak tanggung jawab.


EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(A) Inilah jawaban terkuat, bukan karena perampingan itu, melainkan adanya kesan kemantapan. Anda menyukai apa yang Anda lakukan dan berharap perampingan itu tidak terjadi. Dengan kata lain, jika masalah itu tidak berada di luar kendali Anda, Anda masih beradai di sana. Jawaban ini mengisyaratkan adanya sikap yang bagus terhadap kejadian yang tidak menguntungkan.

Jawaban Pertengahan

(C) Ini jawaban yang dapat diterima. Memang alamiah mencari tanggung jawab yang lebih, sebagaimana halnya dapat diterima untuk meninggalkan sebuah pekerjaan. Seorang pewawancara yang ahli akan melanjutkannya dengan pertanyaan tentang tujuan-tujuan karir Anda dan mengapa Anda beranggapan hal itu dapat Anda peroleh di perusahaan yang baru. Sudah siapkah Anda untuk menjawab pertanyaan itu?

Jawaban Terlemah

(B) Inilah jawaban terlemah karena terdengar klise. Salah satu jawaban paling umum untuk pertanyaan ini adalah bahwa Anda "sedang mencari tantangan." Seorang pewawancara mungkin akan beranggapan bahwa jika Anda bosan pada pekerjaan terakhir, Anda akan menganggap pekerjaan ini juga membosankan, atau setidaknya tidak cukup "menantang" lagi.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin.

3. "Mengapa Anda ingin bekerja di sini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

(B) Saya melihat lowongan kerja itu di internet. Pekerjaan ini sangat tepat untuk keahlian dan kemampuan saya. Saya melihat ini sebagai kesempatan nyata untuk menemukan tantangan. Saya ingin bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh, berkembang, dan tertantang. Saya mencari perusahaan dengan catatan finansial yang solid dan prestasi industri—seperti perusahaan Anda. Saya tahu saya akan cocok di sini dan mampu "menyatu sampai ke dasar."

(C) Ketika saya melihat lowongan itu di koran, saya sadar itulah pekerjaan yang tepat untuk saya. Saya adalah penggemar produk kain Anda dan selalu membelinya di toko. Saya akan senang sekali dapat bekerja di sini. Sangat penting bagi saya bahwa perusahaan tempat saya bekerja mempunyai reputasi dan produk yang bagus. Saya melihat ini sebagai kesempatan besar bagi saya untuk bekerja di perusahaan besar yang benar-benar saya kagumi.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(A) Inilah jawaban paling kuat, karena menggambarkan perencanaan dan kontrol di pihak Anda. Bukan sekadar sikap "ada lowongan dan saya akan melamar." Anda menunjukkan bahwa Anda mengetahui apa yang Anda inginkan dan bagaimana Anda mendapatkannya. Anda memilih perusahaan ini dengan melakukan riset dan mengecek bagaimana karyawan menilai perusahaan itu. Jawaban ini menunjukkan keyakinan pada keahlian dan kemampuan Anda untuk menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan tersebut. Namun harus diperhatikan, terlalu percaya diri (over confidence) bisa menimbulkan masalah besar sebagaimana kekurangan kepercayaan diri.

Jawaban Pertengahan

(C) Inilah jawaban yang sangat umum. Jawaban ini memberi tekanan pada "Anda" dan apa yang bisa Anda dapatkan dari peluang itu. Meskipun menjadi pengagum atau pelanggan sebuah perusahaan adalah bagus dari kacamata konsumen, namun akan lebih kuat jika Anda menambahkan hal-hal spesifik yang Anda kagumi, misalnya favorit yang mereka buat atau cara mereka mengalahkan kompetitor—sesuatu yang mengindikasikan bagaimana peran Anda sebagai konsumen memiliki kaitan dengan pekerjaan yang Anda cari. Menjadi pengagum atau pelanggan tidak memberi nilai tambah dari kacamata pewawancara. Sedikit merayu tidak apalah, namun ingat Anda sedang melihat sisi bisnis itu bukan dari sisi konsumen.

Jawaban Terlemah

(B) Inilah terlemah. Penekanan ada pada "Apa tujuan Anda—mencari tantangan, tumbuh, dan berkembang." Dasar dari proses wawancara adalah "Apa yang dapat Anda lakukan terhadap perusahaan?" bukan "Apa yang dapat dilakukan perusahaan untuk Anda?"

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin.

4. "Apa tujuan yang hendak Anda capai?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

A). Tujuan saya adalah bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh dan akhirnya menjadi seorang manajer marketing. Saya ingin memimpin sebuah tim yang terdiri dari orang-orang terampil dan memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Saya tertarik pada perusahaan yang berpikiran ke depan dan berorientasi pada pertumbuhan.

B). Saya ingin bekerja di sebuah departemen yang mempercayai pelatihan lintas fungsi. Saya beranggapan bahwa itulah cara terbaik untuk belajar dan melihat gambaran yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Pada akhirnya, saya berharap kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar MBA. Saya pikir itu akan memperluas ilmu saya, sehingga suatu hari saya dapat memiliki perusahaan konsultan sendiri, yang bekerja secara nasional maupun internasional.

C). Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini saya mencari sebuah posisi dalam sebuah perusahaan dengan catatan prestasi yang solid. Saya ingin memberikan kontribusi pengalaman-pengalaman saya di bidang ini. Tujuan jangka panjang akan bergantung pada perjalanan karir yang ada di perusahaan ini. Idealnya, saya ingin berkembang secara progresif dalam sebuah perusahaan.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

C). Inilah jawaban terkuat di antara tiga pilihan. Karena ini adalah pertanyaan terbuka, tidak ada jawaban benar atau salah. Jawaban ini adalah yang terbaik karena sifatnya yang terbuka atas peluang pertumbuhan, namun tidak membuat tujuan Anda tampak tidak realistis, kaki atau spesifik.

Jawaban Pertengahan

A). Masalah yang berkaitan dengan jawaban ini adalah terlalu spesifik dan dapat menjadi faktor yang tidak menguntungkan jika perusahaan tidak memiliki jenjang karir yang memungkinkan seorang karyawan mencapai tujuan ini. Lebih baik Anda menghindari jawaban-jawaban yang sempit atau tidak fleksibel.

Jawaban Terlemah

B). Jawaban ini awalnya bagus, namun kemudian agak senonoh. Meski jujur, jawaban ini akan mengecewakan sang pewawancara. Pihak perusahaan sedang mencari seseorang yang bersedia bertahan dan memberikan kontribusi pada perusahaan. Bukanlah tujuan perusahaan itu untuk menyewa seseorang dan melatihnya untuk menjadi pesaing di kemudian hari.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin.

5. "Apa keunggulan yang Anda miliki?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

A). Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

B). Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

C). Saya memiliki latar belakang yang kuat dalam pelayanan kepada konsumen. Baik konsumen internal maupun eksternal. Saya dapat membanggakan kemampuan yang saya miliki dalam hal bekerja dengan orang banyak dan menyelesaikan persoalan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah terpilih sebagai tenaga pelayanan pelanggan terbaik setiap kwartal.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

B). Ini adalah jawaban yang paling kuat karena ia memberi gambaran luas tentang apa yang Anda bawa untuk posisi tersebut. Bukan hanya yang disyaratkan keahlian teknis—tetapi juga nilai tambah dari kemampuan Anda untuk bekerja secara langsung dengan konsumen. Demikian juga kemampuan yang kuat untuk menyampaikan informasi teknis dalam konteks makna sederhana dalam ketatnya persaingan kerja. Sangatlah perlu bagi Anda untuk memikirkan keunggulan Anda lebih dari sekadar memenuhi kualifikasi. Apa lagi yang dapat Anda tawarkan yang tidak dapat ditawarkan kandidat lain. Semakin banyak keahlian yang Anda masukkan dalam jawaban Anda, semakin banyak informasi yang akan dinilai sang pewawancara baik yang menjadi prasyarat atau di luar itu.

Jawaban Pertengahan

C). Meskipun jawaban ini kuat, namun tidak sekuat jawaban (B). Jawaban ini bagus, karena memberitahukan kepada sang pewawancara bahwa Anda memiliki kemampuan yang kuat untuk bekerja dengan konsumen internal dan eksternal, serta menyelesaikan segala persoalan. Jawaban ini akan lebih kuat jika Anda menggabungkannya dengan beberapa keahlian yang berasal dari pengalaman atau pengetahuan Anda, seperti pengetahuan tentang industri atau produk.

Jawaban Terlemah

A). Ini adalah jawaban yang sangat umum, yang dapat digunakan dalam posisi apa pun. "Saya suka berbagi dengan orang, telah terbiasa membantu orang lain menyelesaikan masalah," juga merupakan konsep yang terlalu umum untuk membuat kesan bagus pada sang pewawancara.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin.

6. "Apa kelemahan terbesar Anda?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

A). Kelemahan bukanlah sesuatu yang menjadi pikiran saya. Saya menyadari, saya dapat meningkatkan kesabaran saya pada saat bekerja dengan orang yang tidak memiliki kesamaan langkah dengan saya. Saya suka membantu anggota tim yang punya masalah. Saya justru dapat bergerak maju daripada menjadi seorang yang frustasi dan tidak melakukan apa pun.

B). Saya adalah seseorang yang suka melakukan pekerjaan dengan benar sejak awal. Saya akan menjadi sangat frustrasi ketika pekerjaan orang lain mempengaruhi kemampuan saya untuk melakukan pekerjaan dengan benar. Saya biasanya bekerja dengan mencoba untuk lebih memahami dan menyimpulkan suatu masalah sebelum saya memberikan pendapat atau keputusan.

C). Kelemahan saya adalah bekerja terlalu keras untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Karena dengan beban kerja yang ada saya harus bekerja tiap malam dan tiap pekan agar pekerjaan saya selesai tepat waktu. Saya mencoba untuk bekerja secara bijak, cerdas, bukan keras.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

A). Di dalam jawaban ini terdapat penjelasan yang amat sungguh-sungguh dan jujur. Saat pemikiran ke masa depan tertuang dalam jawaban ini. Jawaban ini juga menunjukkan keinginan Anda untuk melakukan perbaikan dan tindakan apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan persoalan dalam pekerjaan.

Jawaban Pertengahan

B). Ini bukanlah suatu jawaban yang buruk. Bagaimanapun, sang pewawancara akan mengira bahwa Anda adalah orang yang mandiri dan sempurna, dan hal itu dapat menyebabkan suatu masalah. Hindari mengeluarkan pernyataan yang bersifat pribadi, yang di kemudian hari dapat menyulitkan diri Anda untuk menuju ke perubahan. Dalam menjawab pertanyaan, hal terbaik adalah menunjukkan sesuatu yang dapat memperbaiki kelemahan Anda dalam bekerja: "Saya dapat melakukannya."

Jawaban Terlemah

C). Ini adalah sebuah jawaban yang sangat kuno dan sepantasnya dihindari "bekerja terlalu keras". Ini adalah sebuah pemikiran yang kedengarannya lucu. Sang pewawancara mungkin akan peduli tentang bagaimana Anda bekerja keras, apakah karena beban kerja yang terlalu berat atau karena kebiasaan malas bekerja Anda.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.

7. "Kapankah Anda pernah merasa paling termotivasi?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Pada pekerjaan yang sebelumnya saya bertugas untuk berhadapan langsung dengan para pelanggan dan masalah-masalah mereka. Yang saya sukai adalah memecahkan masalah dan membantu orang lain. Kadang-kadang susah juga karena orang-orang itu selalu saja mengeluh dan merasa kesal terhadap saya. Saya berusaha untuk tidak menganggapnya sebagai persoalan pribadi, tetapi saya akui ada kalanya juga hal itu merupakan suatu tantangan. Yang memotivasi saya adalah tatkala para pelanggan tersebut meluangkan waktu untuk mengatakan kepada saya bahwa mereka menghargai pelayanan yang diberikan.

(B) Tahun yang lalu saya terlibat dalam sebuah proyek yang sangat mengasyikkan. Saya ditugaskan untuk bekerja dalam sebuah tim, dan kami harus melakukan brainstorming tentang sebuah produk yang tidak mendapat sambutan hangat oleh para pelanggan. Saya akan bangun pada pagi hari sambil memikirkan cara-cara kreatif untuk mengatasi masalah kami. Bagian terbesar istimewa dari proyek ini adalah tim yang bekerja dengan saya. Tim ini dan pemecahan masalah kreatif adalah hal yang paling menonjol dalam memberikan motivasi kepada saya.

(C) Saya cukup termotivasi di sepanjang waktu. Saya merasa senang membantu memecahkan masalah bagi para pelanggan. Saya menyukai tantangan dari sebuah masalah baru dan peluang untuk memikirkan kiat-kiat memecahkan masalah. Saya benar-benar merasa tidak termotivasi manakala yang saya miliki hanyalah potongan-potongan dari masalah orang lain yang mesti dibereskan. Saya menyukai mengambil sebuah proyek dari awal sampai akhir.
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena inilah jawaban yang paling spesifik. Anda dapat merasakan adanya antusiasme dan energi yang kuat di balik motivasi dan kepuasan ini. Coba pikirkan saat Anda terakhir kali merasa termotivasi. Bagaimanakah rasanya?

Jawaban Pertengahan

(A) Jawaban ini cenderung memberikan tekanan pada segi-segi negatif pekerjaan yang hampir sama besarnya dengan segi-segi positif yang memotivasi dari pekerjaan tersebut. Akan menjadi jawaban yang lebih kuat bila Anda hanya membicarakan tentang membantu orang lain dan memecahkan masalah, khususnya saat-saat di mana orang lain menghargai pelayanan Anda.

Jawaban Terlemah

(C) Ini adalah jawaban yang paling lemah dari ketiga jawaban di atas tadi karena hampir semua orang dapat mengatakan hal ini. Jawaban ini juga bisa berbalik menjadi negatif tatkala mulai fokus pada menjadi "tidak termotivasi." Karena hal itu bukanlah bagian dari pertanyaan, maka bukanlah sebuah ide yang bagus untuk memberikan informasi yang dapat ditafsirkan sebagai keluhan atas tugas-tugas harian, yang mana merupakan bagian dari hampir semua pekerjaan.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.

8. "Bagaimanakah Anda akan memberikan gambaran tentang kepribadian Anda?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya adalah seseorang yang berenergi tinggi dan pekerja keras. Saya sangat cepat belajar dan beradaptasi dengan baik. Saya sangat bertanggung jawab atas tenggat waktu. Saya punya kemampuan bergaul dengan baik. Saya punya perilaku yang sangat optimistis yang dapat membantu menjaga moral departemen tetap tinggi. Saya punya kemampuan bergaul baik dengan setiap orang.

(B) Saya adalah seseorang yang punya energi tinggi yang termotivasi oleh tantangan-tantangan dan masalah-masalah baru. Saya dapat berlari lebih kencang dari siapa pun yang saya kenal. Saya punya catatan kesuksesan yang telah terbukti dan reputasi dalam hal menepati tenggat waktu. Sikap saya terhadap pekerjaan adalah "apa pun akan ditempuh agar pekerjaan selesai." Siapapun di departemen saya akan memberitahu Anda bahwa saya adalah seseorang yang benar-benar mendukung semangat tim.

(C) Saya adalah seorang ahli dalam memecahkan masalah yang cepat dalam menganalisis data dan mengubahnya ke dalam bentuk informasi yang berguna. Kekuatan saya adalah kemampuan dalam hal mengubah rincian yang rumit menjadi bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Selama ini saya mampu menghemat waktu dan uang perusahaan dengan memberikan solusi-solusi yang jitu.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena energi yang diperlihatkannya. Jawaban ini memberikan gambaran tentang kepribadian Anda dengan cara yang unik: bukan hanya seorang pekerja keras yang memiliki sikap yang baik namun juga seorang pribadi yang dapat beradaptasi dengan sikap "apa pun akan ditempuh agar pekerjaan selesai." Hal ini diikuti lagi dengan adanya endorsemen dari teman-teman sekerja Anda tentang kemampuan Anda sebagai seorang "pemain dalam tim."

Jawaban Pertengahan

(A) Tak ada apa pun dalam jawaban ini yang membuat Anda unik. Jika Anda bandingkan kata-kata dalam jawaban (B) dengan kata-kata dalam jawaban (A), akan Anda perhatikan bahwa secara mendasar keduanya mengatakan hal yang sama. Bedanya adalah adanya tambahan "kecepatan." Istilah-istilah yang digunakan dalam jawaban ini terasa kering. Orang-orang dalam persentase yang tinggi akan menjawab dengan "pekerja keras." Jika Anda memang mengatakan bahwa Anda adalah seorang pekerja keras, maka jawabannya akan lebih kuat bila Anda menunjukkan waktu kapan Anda bekerja melampaui yang dibutuhkan: "Saya sering bekerja 10 jam sehari." Secara keseluruhan jawaban ini membutuhkan adanya suatu penekanan.

Jawaban Terlemah

(C) Jawaban ini lebih banyak menunjukkan kemahiran dibandingkan kepribadian Anda. Dalam jawaban ini terdapat fokus yang kuat pada kemampuan menganalisis pemecahan masalah namun satu dimensi. Dengan memberikan tambahan ciri-ciri kepribadian yang lebih dapat ditransferkan, seperti keahlian berkomunikasi, Anda akan memberikan gambaran diri Anda yang lebih baik dan lengkap.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.

9. "Apakah Anda pernah dipecat?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya menerima pekerjaan terakhir sebagian karena saya memiliki hubungan yang baik dengan atasan saya. Setelah saya bekerja di sana enam bulan, dia meninggalkan perusahaan tersebut. Sejak dari awal sudah tampak jelas bahwa antara saya dan atasan baru saya akan saling bertentangan. Kami memiliki tipe kepribadian yang berbeda. Dia sering mengganti-ganti aturan. Suatu hari dia inginnya begini, dan pada hari berikutnya dia maunya begitu. Orang ini benar-benar arogan dalam gaya pendekatan manajemennya. Pada suatu hari dia memanggil saya dan memberitahu bahwa saya dipecat, tanpa penjelasan apa pun. Dia memecat saya, itu saja!

(B) Salah seorang manajer yang melapor kepada saya telah melakukan kesalahan yang besar sehingga menyebabkan perusahaan kehilangan uang dalam jumlah besar. Karena saya adalah atasannya, kami berdua dipecat. Pada awalnya saya pikir ini tidak adil. Kini saya menyadari bahwa orang itu berada di bawah pengawasan saya dan hal itu berada pada giliran saya, dan saya bertanggung jawab penuh atas apa yang terjadi. Saya telah meletakkan insiden itu di belakang saya dan kini saya sedang melangkah ke depan untuk mencari peluang-peluang baru.

(C) Saya melakukan kesalahan dalam memberikan penilaian yang bertentangan dengan kebijakan perusahaan dan dipecat. Saya tidak bangga atas apa yang saya lakukan itu dan bersikap keras terhadap diri saya atas kesalahan tersebut, namun saya juga telah belajar banyak dari kesalahan insiden tersebut. Tak ada gunanya tetap bergantung pada masa lalu. Saya akan lebih berhati-hati atas tindakan yang saya lakukan pada masa depan. Saya siap untuk kesempatan kedua dan saya tahu bahwa kini saya akan menjadi seorang karyawan yang lebih baik akibat pengalaman ini.

EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena di dalamnya ada kejujuran dan kebijakan untuk menerima keadaan yang berada di luar kendali Anda dan bersedia bertanggung jawab. Memiliki kemampuan untuk menatap mata sang pewawancara dan mengakui bahwa Anda telah melakukan suatu kesalahan bukanlah suatu hal yang mudah, namun dalam jangka panjang hal itu akan mendapat ganjaran yang sepadan.

Jawaban Pertengahan

(C) Jawaban ini tidak berbelit-belit dan jujur apa adanya. Berterus terang adalah cara yang lebih baik dalam mengatasi situasi ini dibandingkan berbohong karena satu kebohongan akan mengarah pada kebohongan-kebohongan lainnya. Cara Anda menyampaikan jawaban ini akan sama pentingnya dengan jawaban itu sendiri. Anda telah melanggar kebijakan perusahaan. Beberapa perusahaan tidak akan memberi peluang kepada Anda begitu Anda pernah dipecat. Akan tetapi, akan ada perusahaan-perusahaan yang menghargai kejujuran dan ketulusan Anda dan bisa saja melihat hal ini sebagai sebuah sikap yang terpuji.

Jawaban Terlemah

(A) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena menimpakan kesalahan ke pundak orang lain. Walaupun ini di luar kendali Anda dan Anda pun merasa tidak patut untuk dipecat, bukanlah sebuah ide yang bagus mencelah pihak manajemen perusahaan. Yang terbaik adalah dengan mengatakan bahwa tatkala atasan yang dulu mempekerjakan Anda telah pergi maka posisi telah berubah dan sudah tidak cocok lagi dengan nilai-nilai dan tujuan Anda. Bila Anda dikejar lagi dengan pertanyaan, Anda dapat mengatakan bahwa atasan baru Anda memiliki gaya bekerja yang berbeda dengan Anda.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin.
10. "Mengapa begitu lama baru Anda menemukan sebuah pekerjaan?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Karena pasar tenaga kerja begitu ketat, saya tidak mau asal-asalan dan berusaha untuk mencari sembarang pekerjaan. Saya menunggu saat yang tepat, sambil memikirkan untuk menemukan pekerjaan "tepat." Saya mendatangai beberapa wawancara informasional untuk mencari tahu peluang-peluang apa yang ada di luar sana dan ke arah mana industri tersebut diarahkan. Saya juga mengikuti beberapa kursus jarak jauh melalui internet dan beberapa kursus singkat lainnya. Harus saya akui bahwa saat-saat untuk melakukan riset dan penjelajahan merupakan saat-saat yang menyenangkan bagi saya.

(B) Saya benar-benar tidak yakin. Saya punya latar belakang yang sangat bagus dengan pengalaman lima tahun di industri ini dan pengetahuan mengenai beberapa program perangkat lunak. Saya tahu bahwa di luar sana ada banyak orang yang memiliki keahlian serupa, namun yang membedakan saya dengan orang-orang itu adalah kemampuan saya dalam menjalin hubungan dan bekerja dengan para pelanggan dari beragam latar belakang. Dengan memiliki kombinasi keahlian teknis dan keahlian bergaul dengan orang telah membantu saya untuk maju. Saya sedang mencari sebuah peluang di perusahaan yang menaruh penghargaan atas pelayanan pada pelanggan.

(C) Di luar sana bursa tenaga kerja benar-benar ketat, dan tidaklah mudah mendapatkan pekerjaan. Selama ini seluruh waktu saya tercurah untuk mencari kerja. Saya cuma belum beruntung saja. Saya telah melakukan semua hal yang semestinya seperti membangun jaringan dan pergi ke klub-klub dan pertemuan-pertemuan pekerjaan, namun tampaknya keahlian saya belum dibutuhkan. Saya tahu bahwa di luar sana ada banyak orang yang juga sedang mencari kerja. Persaingan sangat ketat.


Spoiler for evaluasi jawaban pertanyaan 10:
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling jujur. Jawaban ini juga mengelak dari pertanyaan dan fokus pada apa yang harus Anda tawarkan, khususnya apa yang membedakan diri Anda dari semua orang lain yang sedang melamar pekerjaan ini. Membicarakan tentang apa yang dapat Anda berikan pada pekerjaan ini, bukannya apa yang telah Anda tempuh untuk sampai pada tahapan tes wawancara ini adalah sebuah teknik yang baik.

Jawaban Pertengahan

(A) Ini adalah sebuah jawaban yang lumayan bagus karena menerangkan apa yang selama ini Anda kerjakan selama Anda masih menganggur. Jawaban ini dapat memberikan keuntungan dari informasi tentang apa yang telah Anda temukan dalam pencarian informasi yang Anda lakukan atau apa yang harus Anda tawarkan sebagai hasil dari pencarian Anda.

Jawaban Terlemah

(C) Ini adalah jawaban paling lemah karena di sini Anda menyalahkan perekonomian atas "ketidakberuntungan" Anda. Dalam jawaban ini juga disebutkan bahwa keahlian Anda belum dibutuhkan dan bukannya memberikan gambaran apa yang telah Anda lakukan untuk meningkatkan keahlian-keahlian yang Anda miliki guna membuat diri Anda menjadi lebih mudah memperoleh pekerjaan. Jawaban ini memiliki suatu nada yang pasif. Sang pewawancara bisa saja berpikiran bahwa tak ada orang lain yang mau mempekerjakan Anda dan barangkali diri Anda bukanlah produk yang diminati.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.

Spoiler for pertanyaan 11:
11. "Pengalaman apa yang Anda miliki sehingga Anda memenuhi syarat untuk menempati posisi ini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Pengalaman saya sangat pas dengan syarat-syarat yang dibutuhkan bagi posisi ini. Saya memenuhi semua persyaratan Anda. Saya pikir, saya dapat memberikan nilai tambah pada posisi ini melalui pemahaman dan pengetahuan saya di bidang bisnis internasional di negara-negara Asia. Memiliki kemampuan bahasa dan pemahaman atas norma-norma budaya akan menjadi sebuah aset yang sangat berguna dalam berhadapan dan bernegosiasi dengan perusahaan-perusahaan dari negara-negara tersebut.

(B) Saya tahu bahwa saya mampu melakukan pekerjaan ini. Saya memiliki keahlian-keahlian dan pengalaman yang diperlukan untuk berhasil di sini. Saya ingin bekerja untuk perusahaan ini, dan saya rasa posisi ini akan menjadi sebuah peluang dan sebuah tantangan bagi diri saya. Saya adalah orang yang suka tantangan, dan saya pun berkeinginan untuk terus tumbuh dan mempelajari keahlian-keahlian baru. Saya memiliki kekuatan dalam memecahkan persoalan dengan menggunakan data analitis. Saya suka bekerja dalam tim dan menyumbangkan solusi.

(C) Dengan pengalaman enam tahun bekerja di industri elektronika, saya telah bekerja pada tipe-tipe sistem yang dibutuhkan bagi pekerjaan ini. Kekuatan saya adalah pada keahlian kepemimpinan yang saya miliki. Saya telah menjadi pengawas bagi para teknisi dan para petugas tester dengan jadwal 24/7. Jika Anda bertanya pada para anggota staf saya tentang diri saya, mereka akan mengatakan kepada Anda bahwa saya selalu ada manakala mereka membutuhkan saya. Saya sangat mudah beradaptasi dan telah bekerja sampai 70 jam dalam sepekan sehingga kami dapat menepati tenggat waktu.


Spoiler for evaluasi jawaban pertanyaan 11:
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(C) Ini adalah jawaban yang paling kuat. Jawaban ini memberikan gambaran yang luas tentang diri Anda dan bagaimana keahlian-keahlian yang Anda miliki akan memenuhi apa yang dibutuhkan oleh sang pewawancara. Di sini ada contoh-contoh tentang kekuatan-kekuatan di area teknologi, keahlian kepemimpinan (yang dipandang sebagai keahlian yang transferable), dan kesediaan Anda untuk melakukan "apa pun agar pekerjaan selesai." Adanya "endorsemen pihak ketiga" dari orang-orang yang pernah bekerja bersama Anda sangat membantu. Berbicara melalui komentar-komentar dari orang lain adalah sebuah teknik yang kuat untuk digunakan manakala Anda sedang menjawab pertanyaan.

Jawaban Pertengahan

(A) Jawaban ini memiliki titik kuat, namun ia tidak memberikan gambaran yang menyeluruh sebagaimana halnya pada jawaban (C) tadi. Kapan saja Anda bisa berbicara tentang "nilai tambah" bagi sebuah perusahaan, entah itu dengan kemampuan berbahasa, keahlian bergaul dengan orang, atau kemampuan melakukan sesuatu yang hampir semua calon lainnya tidak dapat, hendaknya Anda menjual hal itu sebagai sebuah titik kuat. Dengan menggantungkan betapa besarnya nilai Anda pada posisi tersebut, hal ini dapat menunjukkan keistimewaan Anda sebagai calon yang terpilih.

Jawaban Terlemah

(B) Jawaban ini terlalu terfokus pada apa yang dapat dilakukan oleh pekerjaan itu bagi Anda. Penekanan terbaik seharusnya pada apa yang dapat Anda lakukan bagi perusahaan itu. Jawaban ini akan lebih kuat bila menyertakan informasi yang spesifik tentang pengalaman Anda selama bertahun-tahun dan tipe-tipe masalah yang telah dipecahkan.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin.


Spoiler for pertanyaan 12:
12. "Bagaimanakah atasan Anda yang sekarang atau mantan atasan Anda akan memberikan gambaran tentang kinerja Anda?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya dan atasan saya yang terakhir memiliki kepribadian yang sangat berbeda, dan kadang-kadang hal itu menimbulkan konflik. Saya pikir dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya di atas semua itu adalah seorang profesional dalam hal berhubungan dengan para pelanggan, baik internal maupun eksternal. Dia juga akan mengatakan kepada Anda bahwa saya menepati semua tenggat waktu yang diberikan.

(B) Dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya adalah "tangan kanan"-nya. Dia yang akan membuat keputusan dan sayalah yang mengerjakan latar belakang dan pekerjaan teknisnya—dia mengandalkan saya untuk melakukan semua kalkulasi dan proses pemasukan data pada berbagai proyek. Saya akan meluruskannya manakala dia hendak menyimpang dari jadwal, dan saya akan datang menolong manakala dia membutuhkan bantuan. Dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya tetaplah temannya walaupun kami sudah bekerja bersama selama lima tahun.

(C) Dia akan mengatakan kepada Anda bahwa saya memiliki keahlian-keahlian yang sangat baik dalam bekerja dengan semua orang dari beragam latar belakang. Dia menominasikan saya untuk menerima penghargaan dalam hal pelayanan terhadap para pelanggan yang sangat baik yang telah saya lakukan selama ini di perusahaan. Dia memperlakukan saya dengan penuh hormat dan memberikan umpan balik yang saya perlukan untuk belajar dan tumbuh dalam pekerjaan saya. Dia juga akan mengatakan kepada Anda bahwa saya sangat dapat diandalkan dan senantiasa menepati tenggat waktu yang diberikan.


Spoiler for evaluasi jawaban pertanyaan 12:
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memberikan gambaran yang jelas bagaimana Anda bekerja dengan pihak yang punya otoritas: suportif dan bertanggung jawab. Jawaban ini memberikan informasi kepada sang pewawancara tentang keahlian-keahlian dan kemampuan-kemampuan teknis Anda serta kelenturan dan kesediaan Anda. Jawaban ini juga menyampaikan hubungan yang Anda bangun dengan atasan Anda. Tidak semua pekerjaan berakhir dengan hubungan pribadi, namun jika Anda dapat mengutip atasan Anda atau menyebutkan sesuatu yang positif yang dikatakan oleh seorang atasan dalam suatu tinjauan kinerja, maka hal itu akan memperkuat jawaban Anda.

Jawaban Pertengahan

(C) Ini adalah sebuah jawaban yang dapat diterima namun tidaklah sekuat jawaban (B) tadi karena tidak spesifik. Jawaban ini menunjukkan adanya keahlian yang bagus dalam berkomunikasi dan bergaul dengan orang serta bahwa Anda adalah orang yang dapat diandalkan dan mampu menepati tenggat waktu, yang mana itu adalah suatu hal yang baik, namun perlu diperkuat oleh adanya contoh. Fakta bahwa Anda dinominasikan untuk menerima suatu penghargaan sudah tentu suatu hal yang sangat patut disebutkan.

Jawaban Terlemah

(A) Ini adalah jawaban yang lemah. Yang terbaik adalah hindari untuk membicarakan tentang adanya perbedaan-perbedaan dengan cara yang negatif. Walaupun jawaban ini tidak benar-benar "mengkritik" atasan atau perusahaan tempat kerja Anda, namun ini menunjukkan bahwa ada masalah. Titik perhatian sang pewawancara bisa jadi adalah bahwa Anda tidak dapat bergaul dengan baik dengan para atasan Anda. Jawaban ini memiliki sudut positif karena bicara tentang sikap profesional dan kemampuan menepati tenggat waktu. Seorang pewawancara yang baik akan meneropong lebih jauh lagi dan mencari tahu seperti apakah konflik yang terjadi.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin.
Spoiler for pertanyaan 13:
13. "Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya telah melakuan riset atas perusahaan ini dan mengecek misi yang Anda nyatakan serta ide-ide, nilai-nilai, dan prinsip-prinsip yang Anda dukung. Saya sangat akrab dengan produk-produk Anda dan perusahaan-perusahaan pesaing Anda. Saya meneliti latar belakang kedua orang pendiri perusahaan ini dan menyusuri jejak karir dan kesukesan mereka. Saya tahu bahwa saat ini harga saham Anda sedang turun namun Anda sedang bersiap-siap meluncurkan sebuah produk baru. Saya tahu bahwa saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ini.

(B) Minat saya terhadap perusahaan ini dimulai semenjak saya masih kuliah dan membuat makalah penelitian tentang berbagai perusahaan dan saham. Saya telah mengikuti perkembangan perusahaan ini: pasang-surutnya. Saya bahwa akhir-akhir ini ada beberapa deal yang dilakukan guna mengubah penampilan perusahaan ini serta posisinya di dunia industri. Saya telah menargetkan perusahaan ini sebagai tempat untuk berkarir.

(C) Tatkala saya melihat iklan lowongan kerja di Internet, saya tidak begitu akrab dengan perusahaan ini. Saya mulai menanyai teman-teman dan rekan sejawat tentang apa yang mereka ketahui tentang perusahaan ini. Mereka semua punya komentar yang positif tentang peluang kerja di perusahaan ini. Saya telah mendengar bahwa perusahaan ini benar-benar memperlakukan para karyawannya dengan baik dan kompensasi yang ditawarkan di perusahaan ini berada pada tataran yang tertinggi.


Spoiler for evaluasi jawaban pertanyaan 13:
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(A) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena mendemonstrasikan keahlian yang dimiliki: bukan hanya melakukan riset atas perusahaan tersebut namun menggali lebih dalam informasi tentang para pendirinya, persaingan, produk-produk masa depan, dan saham. Jawaban ini memberikan informasi dan pengetahuan yang melampaui apa yang ada di website.

Jawaban Pertengahan

(B) Ini bukanlah sebuah jawaban yang buruk. Ada rasa antusias terhadap perusahaan dan sejarah penelitian. Jawaban ini kurang memberikan informasi tentang apa yang sekarang sedang terjadi di perusahaan, persaingan dengan kompetitor, dan posisi perusahaan di dunia industri. Semua informasi tadi dapat diperoleh dengan mencari secara on-line di Internet atau di perpustakaan umum.

Jawaban Terlemah

(C) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena tidak memberikan fakta-fakta apa pun. Sayangnya, kurangnya informasi yang dikuasai tentang perusahaan ini lazim terjadi pada para pelamar kerja. Sekurang-kurangnya, membuka situs perusahaan di Internet merupakan suatu hal yang esensial. Mengandalkan "ucapan" dari teman-teman dan rekan sejawat bukanlah suatu aktivitas penelitian yang baik. Jawaban ini juga terfokus pada "keuntungan yang bisa dipetik" dengan bekerja di perusahaan, bukan pada perusahaannya itu sendiri.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.


Spoiler for pertanyaan 14:
14. "Menurut Anda apakah kualitas kunci bagi seorang support person (pribadi pendukung)?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Keahlian komunikasi adalah suatu hal yang paling kritis. Seorang support person yang baik harus dapat menghadapi sejumlah eksekutif dan para pelanggan kunci. Di sini keahlian komunikasi adalah sesuatu yang amat penting. Saya pernah harus merencanakan sekian banyak acara sosial dan konferensi di mana keahlian komunikasi saya memegang peranan penting atas suksesnya acara tersebut. Para atasan saya saat itu sangat tergantung pada keahlian komunikasi saya dalam menyampaikan pesan dan menerangkan situasi-situasi yang sensitif manakala diperlukan.

(B) Hal itu benar-benar tergantung pada sifat pekerjaan dan tanggung jawab yang dilibatkan. Kadang-kadang saya mendukung satu tim dan pada waktu lainnya saya bekerja sama dengan seorang atasan. Apa pun yang saya kerjakan, saya berusaha mengakomodasi setiap orang sebisa mungkin. Jika saya sedang bekerja pada seorang atasan, saya bertindak sebagai "tangan kanannya." Selama ini saya dapat mendukung para atasan saya dengan tetap bersikap fleksibel dan berusaha memenuhi ketentuan-ketentuan yang diberikan kepada saya.

(C) Beberapa keahlian kunci yang diperlukan adalah sikap teratur, memiliki keahlian komunikasi, bersikap fleksibel, dapat diandalkan, dan menjadi seorang pemain dalam tim. Keahlian-keahlian yang seperti ini adalah sebagian dari beberapa keahlian saya yang dapat dibanggakan. Saya memiliki keahlian komunikasi yang sangat baik dan memberikan sambutan yang baik manakala diminta untuk bekerja pada proyek-proyek yang bukan merupakan bagian dari pekerjaan saya sehari-hari. Saya merespon dengan cepat dan tak pernah luput dari tenggat waktu. Teman-teman satu tim saya akan mengatakan kepada Anda bahwa jika saya sedang tidak ada pekerjaan, saya akan menawarkan bantuan kepada orang lain.


Spoiler for evaluasi jawaban pertanyaan 14:
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(C) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena menyebutkan kualitas-kualitas itu dan mengambil peluang untuk menunjukkan bahwa Anda memilikinya. Dengan membicarakan keahlian-keahlian kunci Anda maka jawaban ini menjadi lebih kuat, terutama dengan adanya endorsemen dari "teman satu tim."

Jawaban Pertengahan

(A) Jawaban ini tidak buruk, namun ia hanya fokus pada satu kualitas saja dan bukannya menyebutkan "kualitas-kualitas kunci." Jawaban ini memberikan contoh-contoh keahlian komunikasi dan bagaimana Anda telah menggunakan keahlian itu dalam pekerjaan Anda yang lalu. Akan lebih kuat jika Anda tadi menjawab pertanyaan itu sebagaimana yang ditanyakan. Pastikan bahwa Anda menyimak dengan baik—dan menjawab—pertanyaan yang ditanyakan.

Jawaban Terlemah

(B) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena kurang fokus dalam menyampaikan apakah kualitas-kualitas kunci itu dan apakah Anda memilikinya. Dengan memberikan sebuah jawaban yang "netral" Anda gagal memberikan kesan. Dalam hal ini yang ditanyakan bukanlah kualitas-kualitas kunci "Anda" namun tentang apakah kualitas-kualitas kunci itu menurut Anda. Tidak apa-apa mengatakan bahwa Anda memiliki kualitas-kualitas yang diperlukan sepanjang Anda menjawab pertanyaan tersebut dalam waktu yang sama.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin.


Spoiler for pertanyaan 15:
15. "Berikan gambaran tentang gaya kepemimpinan atau manajemen Anda."

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya adalah seorang yang "sangat terdorong dari bawah." Pelanggan adalah produk yang paling penting dan satu-satunya yang memungkinkan untuk membayar tagihan. Ada sejumlah permainan. Makin banyak pelanggan yang Anda miliki, makin banyak pula pendapatan yang dihasilkan. Saya percaya pada pelayanan pelanggan. Saya percaya pada pemberdayaan tim saya untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk memuaskan pelanggan. Saya percaya bahwa bila Anda memiliki basis pelanggan yang solid, Anda memiliki bisnis yang menguntungkan.

(B) Saya memimpin dengan memberikan teladan. Saya bekerja keras dan menepati tenggat waktu, dan saya mengharap para bawahan saya juga melakukan hal yang sama. Saya tidak keberatan membantu bila memang ada masalah, namun saya tidak percaya pada gaya membimbing seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Saya memberikan penugasan dan berharap pekerjaan itu akan dirampungkan. Bila saya harus selalu mengawasi agar orang-orang menepati jadwal, saya bukanlah seorang manajer yang baik. Gaya yang saya sukai sebagai seorang atasan adalah pendekatan "bebas." Berikan saja penugasan pada saya dan biarkan saya mengerjakannya.

(C) Jika Anda menanyai anggota tim saya, mereka akan mengatakan bahwa saya adalah seorang manajer yang fair dan terbuka. Saya setiap hari selalu ada. Tujuan saya adalah mengenali kekuatan orang-orang. Baru-baru ini saya mempromosikan seorang anggota tim yang mulanya adalah seorang karyawan yang bermasalah namun melalui suatu pelatihan secara pribadi dari saya, disertai dengan kemauan dari pihaknya untuk menambah waktu, dia kini telah menjadi seorang bintang.


Spoiler for evaluasi jawaban pertanyaan 15:
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(C) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena ada contoh spesifik dan endorsemen tidak langsung dari tim Anda. Ini adalah teknik yang baik untuk digunakan manakala Anda sedang menjawab sebuah pertanyaan subyektif seperti yang satu ini. Ini juga menunjukkan adanya sebuah komitmen yang tulus pada para anggota tim dan membiarkan mereka tahu bahwa pekerjaan mereka dihitung dalam gambaran yang lebih besar dan memberikan contoh yang spesifik tentang bagaimana Anda melakukannya.

Jawaban Pertengahan

(A) Jawaban ini tidak memperlihatkan adanya pemahaman dasar tentang kepemimpinan. Ia tentu saja bicara tentang kemana fokus manajemen: "menghasilkan uang melalui para pelanggan." Akan tetapi, ia tidak bicara tentang pelanggan internal: sang pekerja. Ia bicara tentang pemberdayaan orang, yang mana hal itu positif.

Jawaban Terlemah

(B) Dengan menggantungkan pada bagaimana deskripsi jabatan yang ditulis dan apa yang sedang mereka cari, jawaban ini menunjukkan pendekatan manajemen yang sangat bebas. "Beri mereka kerja dan biarkan mereka berjuang" begitulah pesan yang disampaikan di sini. Hampir semua perusahaan lebih menyukai para manajer yang bekerja sama dengan dan membangun orang-orangnya.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin.


Spoiler for pertanyaan 16:
16. "Dengan cara bagaimana pekerjaan Anda yang sekarang ini atau pekerjaan Anda yang lalu membuat diri Anda siap untuk menambah beban tanggung jawab?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya punya pengalaman yang sangat luas dalam bekerja dengan para pelanggan pada pekerjaan saya yang terakhir. Pada awalnya saya harus belajar untuk menghadapi orang-orang yang sangat frustrasi dan ingin meluapkan perasaan mereka kepada saya. Harus saya akui bahwa pada mulanya memang sakit hati tatkala seseorang bersikap kasar. Sejak saat itu, saya telah mengikuti beberapa kursus tentang cara menjual dan perilaku manusia yang telah sangat membantu. Saya merasa perlu bahwa pengalaman itu dapat digunakan lebih lanjut pada pekerjaan seperti yang satu ini.

(B) Pekerjaan yang sekarang benar-benar tidak cocok buat saya. Saya di atas standar untuk melakukan hal itu dan agak bosan. Saya mengambil pekerjaan karena tahu bahwa saya dapat melakukannya tanpa perlu memulai dari awal. Pekerjaan sebelum yang satu ini benar-benar sebuah tipe lingkungan yang "melelahkan", dan saya membutuhkan sebuah pekerjaan yang posisinya tidak tinggi. Saya tidak siap untuk bergerak maju dan memberikan segala yang saya miliki untuk pekerjaan ini. Saya tahu bahwa saya dapat melakukan pekerjaan ini dan mendatangkan nilai tambah pada departemen ini.

(C) Pekerjaan saya yang terakhir adalah sebuah batu loncatan yang sangat bagus bagi saya untuk menambah tantangan-tantangan baru yang akan ditawarkan oleh pekerjaan ini. Saya pernah harus mengatasi segala jenis situasi dan orang pada pekerjaan saya yang terakhir. Setelah lima tahun pada pekerjaan itu saya siap untuk beberapa tantangan baru di sebuah industri baru. Saya tahu bahwa saya siap untuk naik ke atas dan akan baik pada pekerjaan ini karena saya punya kesabaran yang diperlukan untuk menghadapi orang-orang yang sulit.


Spoiler for evaluasi jawaban pertanyaan 16:
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(A) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena memberikan contoh yang jelas tentang perkembangan dan pengalaman. Ia juga bicara tentang pelatihan dan perkembangan untuk memperoleh pemahaman yang melampaui pekerjaan itu sendiri. Ini adalah sebuah contoh yang baik dalam memperlihatkan bagaimana pengalaman masa lalu Anda sebagai sebuah indikator dari kesuksesan masa depan Anda.

Jawaban Pertengahan

(C) Ini bukanlah jawaban yang buruk, namun fokusnya pada "apa yang ada di sana untukku." Hampir semua orang menginginkan "tantangan-tantangan baru" pada pekerjaan yang selanjutnya. Manakala fokus terlalu banyak pada tantangannya, maka menghilangkan apa yang Anda bawa untuk pekerjaan itu. Kalimat inti dalam proses wawancara ini adalah "Apa yang dapat Anda bawa pada perusahaan ini?"

Jawaban Terlemah

(B) Jawaban ini memiliki semua indikator dari seseorang yang menderita "kelelahan" dan mengambil pekerjaan apa saja sekadar untuk bertahan hidup. Sang pewawancara bisa saja punya alasan untuk berpikir bahwa hal ini akan terjadi lagi. Yang terbaik adalah jangan membicarakan hal-hal negatif dari suatu pekerjaan. Letakkan fokus pada pengalaman dan keahlian yang dapat Anda bawa pada posisi baru ini: "Saya dapat membawa nilai tambah pada pekerjaan ini karena pengalaman kerja terakhir saya di lingkungan yang berpacu dengan cepat."

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 0 poin.

Spoiler for pertanyaan 17:
17. "Apa yang paling Anda nilai pada diri seorang rekan dalam satu tim?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya telah bekerja dengan beraneka ragam orang, dan mereka yang paling bernilai bagi saya adalah mereka yang dapat diandalkan. Salah satu yang membuat saya kesal adalah menyerahkan sesuatu dan mendapati bahwa ternyata hal itu tak pernah diurus dengan baik. Saya tak mengerti bagaimana sebagian orang tetap bisa mempertahankan pekerjaannya padahal dirinya tak dapat diandalkan untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

(B) Saya benar-benar menghargai teman satu tim yang suportif dan mau melakukan apa saja yang dibutuhkan. Salah satu proyek pada perusahaan saya yang terakhir benar-benar menguji kesolidan tim kami manakala salah seorang dari anggotanya mengalami kecelakaan dan harus beristirahat. Walaupun kami masing-masing punya tenggat waktu sendiri, kami semua terjun untuk mengisi kekokosongan manakala hal itu terjadi. Itu berarti dua akhir pekan panjang tambahan, namun kami memiliki tujuan yang sama. Kami mampu menepati tenggat waktu dan merasa senang bisa menolong seseorang yang ditimpa masalah.

(C) Saya menghargai keahlian komunikasi dalam suatu pekerjaan yang saya lakukan, namun khususnya lagi manakala saya bekerja dalam tim. Saya pikir adalah suatu hal yang esensial bagi siapa pun pada tim itu untuk bisa mengekspresikan dirinya secara jelas dan mampu menyimak dan mengikuti arahan. Manakala komunikasi terputus maka tim itu sudah tidak ada lagi. Keahlian berbahasa adalah bagian yang paling tim dalan usaha suatu tim.


Spoiler for evaluasi jawaban pertanyaan 17:
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena di dalamnya ada contoh yang jelas untuk mendukung pendapat Anda. Jawaban ini sekunder pada pesan yang disampaikannya. Kerja tim artinya adalah bergaul dan bekerja bersama.

Jawaban Pertengahan

(A) Jawaban ini dapat dipandang sebagai keluhan atau negatif. Dapat diandalkan adalah sebuah ciri yang penting, namun jawaban ini akan menjadi lebih kuat bila dikemukakan dengan cara yang lebih positif: "Saya menghargai adanya sifat dapat diandalkan dari teman-teman satu tim karena itu berarti pekerjaan diselesaikan dan setiap orang dapat memetik manfaat."

Jawaban Terlemah

(C) Jawaban ini takes on a life on its own dan keluar dari jalur. Jawaban ini lebih menekankan pada komunikasi yang efektif dibandingkan "nilai teman satu tim." Jawaban ini tidak salah—keahlian berkomunikasi sangat diinginkan. Hanya saja hal itu tidak ada hubungannya dengan pertanyaan yang diajukan.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.


Spoiler for pertanyaan 18:
18. "Bagi Anda hal apakah yang terpenting dalam suatu pekerjaan/perusahaan?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya mencari perusahaan yang berorientasi pada pertumbuhan, sebuah tempat yang aman, di mana saya tumbuh bersama perusahaan itu. Ada banyak perubahan yang sedang berlangsung di dalam industri sehingga saya mencari sebuah perusahaan yang memiliki sebuah reputasi dan pondasi yang solid. Saya mencari pekerjaan yang mana tingkat perputarannya rendah karena hal itu biasanya adalah sebuah indikator dari bagaimana cara mereka dalam memperlakukan para karyawan dan memberikan kompensasi.

(B) Hal pertama yang saya cari dari sebuah pekerjaan adalah peluang ditawarkannya. Agar dapat berkesempatan bekerja pada sesuatu yang benar-benar menarik yang membuat berbeda dalam kehidupan pribadi atau profesional adalah ide saya tentang kepuasan kerja. Saya bukannya bermaksud bahwa saya ingin menyelamatkan dunia, namun bila saya dapat memberikan kontribusi pada sebuah perusahaan dan tujuan dari perusahaan itu, saya tahu di sana saya dapat menemukan kepuasan.

(C) Hal pertama yang saya cari adalah kepuasan kerja. Yang saya maksudkan dengan hal itu adalah sebuah perasaan bahwa pekerjaan saya ini faktanya adalah penting atau skema besar. Saya juga mencari pekerjaan yang memiliki peluang untuk maju. Saya ingin tumbuh bersama perusahaan tersebut. Terakhir, saya ingin membina hubungan yang menyenangkan dengan teman-teman sekerja saya. Saya menghabiskan banyak waktu pada pekerjaan saya dan ingin hal itu menjadi sebuah pengalaman yang baik.


Spoiler for evaluasi jawaban pertanyaan 18:
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(C) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena menawarkan nilai-nilai yang lebih luas dibandingkan yang lainnya. Kepuasan kerja menduduki puncak nilai bagi hampir semua pelamar kerja. Karena Anda menerangkan apa artinya kepuasan kerja bagi Anda, sang pewawancara memiliki ide yang lebih baik tentang minat karir Anda. Bacalah pada iklan lowongan kerja dan tentukanlah nilai-nilai apa yang penting di perusahaan tersebut. Bila nilai-nilai Anda sejalan dengan nilai-nilai perusahaan tersebut, ini adalah peluang untuk membuat sang pewawancara tahu bahwa Anda akan "merasa cocok" dan menikmati bekerja di sana.

Jawaban Pertengahan

(B) Jawaban ini tidak buruk, namun mungkin terasa sedikit terlalu ideal atau seperti "hafalan." Itu seperti menjawab bahwa Anda menginginkan perdamaian dunia. Memang ide yang bagus untuk berminat pada gambaran perusahaan yang lebih besar dan menjadi bagian dari gambaran tersebut, namun Anda akan terdengar lebih masuk akal dan realistik jika Anda sebutkan beberapa nilai yang memiliki basis yang lebih luas, seperti kerja tim, otentisitas, keseimbangan, atau kebutuhan atas adanya sebuah tantangan.

Jawaban Terlemah

(A) Ini adalah yang paling lemah karena terlalu fokus pada keuntungan-keuntungan apa yang dapat Anda peroleh dari perusahaan. Jawaban ini dapat dilihat sebagai sebuah indikator dari rasa ketidakamanan Anda, menampilkan diri Anda sebagai seseorang yang sedang mencari keamanan di dalam sebuah perusahaan. Tak ada satu pun perusahaan yang dapat menjamin keamanan dalam situasi dunia yang suka berubah pada saat ini; hal itu adalah tujuan yang tidak realistis. Menanyakan tentang tingkat perputaran adalah sebuah ide yang bagus, namun jangan katakan itu sebagai salah satu kriteria Anda dalam sebuah tes wawancara.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin.

Spoiler for pertanyaan 19:
19. "Bagaimana cara yang Anda lakukan untuk senantiasa dapat mengikuti perkembangan mutakhir tentang industri dan teknologi yang sedang tren?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya melakukan semua hal yang standar. Saya membaca rubrik bisnis di koran setiap harinya. Saya meriset Internet untuk menggali informasi atas industri tersebut. Saya mengikuti organisasi jaringan lokal dan berlangganan jurnal sebuah industri. Saya adalah anggota sebuah organisasi profesional dan mengikuti pertemuan bulanan untuk membangun jaringan dan tetap menjaga kontak. Saya benar-benar menyukai apa yang saya lakukan, dan maka hal itu menarik bagi saya untuk belajar dan tetap mengikuti perkembangan mutakhir dari dunia kita yang senantiasa berubah ini.

(B) Saya memanfaatkan Internet dan mencek situs-situs berita untuk melihat apa yang sedang terjadi di dunia. Saya tidak baca koran, namun saya berlangganan majalah beritu mingguan sehingga saya tetap dapat mengikuti perkembangan mutakhir dengan cukup baik. Saya rasa saya lebih tahu banyak informasi dibandingkan orang rata-rata.

(C) Tidak banyak waktu tersisa setiap harinya setelah jam kerja saya yang panjang. Tahun kemarin saya bekerja lembur. Kehidupan saya yang sibuk tidak memungkinkan melakukan banyak hal selain menonton berita malam untuk mengejar peristiwa-peristiwa yang mutakhir. Saya selalu membaca newsletter dan buletin yang diedarkan oleh perusahaan agar tetap dapat mengikuti apa yang sedang terjadi di perusahaan tersebut.


Spoiler for evaluasi jawaban pertanyaan 19:
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(A) Jawaban ini sangat natural dan terdengar rileks, namun meliputi setiap basis yang mungkin dan menyatakan bahwa Anda adalah orang yang "ada di luar sana" dan mengikuti informasi. Dengan melibatkan diri dalam kelompok-kelompok dan organisasi-organisasi Anda juga sedang melebarkan jaringan Anda, yang mana hal ini adalah cara nomor satu dalam mendapatkan pekerjaan. Tentu saja, dalam tes wawancara Anda mesti menyebutkan nama-nama spesifik dari newsletter-newsletter dan organisasi-organisasi itu.

Jawaban Pertengahan

(B) Jawaban ini tidak buruk; hanya saja jawaban ini membatasi informasi yang Anda peroleh pada sumber-sumber yang Anda gunakan untuk tetap mengikuti perkembangan informasi. Anda benar bahwa Anda mungkin memiliki informasi yang lebih banyak dibandingkan orang rata-rata, namun Anda sedang berkompetisi untuk berada di atas rata-rata dalam proses wawancara itu. Seringkali sebuah perusahaan mencari seseorang yang punya koneksi ke industri dan melihat pada kelompok-kelompok yang Anda ikuti.

Jawaban Terlemah

(C) Walaupun ini mungkin adalah jawaban yang "sebenarnya," ini bukanlah posisi yang tepat sebagai seorang yang tetap mengikuti informasi. Tanpa memandang posisi yang Anda pegang di sebuah perusahaan, tetap mengikuti perkembangan informasi tentang tren dan isu mutakhir adalah suatu hal yang krusial bagi kesuksesan pekerjaan.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.


Spoiler for pertanyaan 20:
20. "Apakah Anda yakin bahwa diri Anda overqualified (melampaui persyaratan yang diperlukan) untuk posisi ini?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Apakah Anda khawatir pada kemampuan saya untuk berhasil pada posisi ini? Saya dapat menjamin Anda bahwa saya selalu bekerja keras dan menyelesaikan pekerjaan saya tak peduli apa gelar atau gaji saya. Pekerjaan saya sangat penting bagi saya, dan saya ingin tampil beda. Manakala Anda bicara tentang overqualified, saya tidak yakin apa itu maksudnya. Jika Anda pikir gaji saya terlalu tinggi, saya dapat menjamin pada Anda bahwa peluang ini jauh lebih penting daripada bayarannya. Saya ingin pekerjaan ini, dan jika Anda memilih saya, akan saya buktikan bahwa saya dapat melakukan pekerjaan ini, sambil membawa pengalaman dan kesuksesan yang saya miliki.

(B) Sejak pertama kali saya membaca iklan untuk posisi ini, saya tahu bahwa saya dapat melakukan pekerjaan ini dan mengerjakannya dengan baik. Saya memiliki pengalaman yang luas yang akan meningkatkan posisi ini sebagaimana digambarkan, dengan membawa ide-ide dan metode-metode baru. Saya punya catatan bukti keberhasilan dalam menata kekacauan dan mengatur pekerjaan agar berjalan secara efisien. Dari apa yang kita bicarakan selama hari ini, saya merasa bahwa saya dapat menjadi solusi bagi masalah Anda. Saya tidak akan menyebut hal itu sebagai overqualified. Saya akan menyebutnya sebagai suatu kelebihan yang ada pada diri saya.

(C) Hal itu tergantung pada definisi overqualified. Saya sudah lama berada di industri ini. Saya ingat masa-masa tatkala kami bekerja tanpa komputer. Saya sudah belajar dengan bersusah payah, bukan hanya dengan bersekolah seperti anak-anak muda itu, namun dengan kerja keras dan proses trial and error. Saya punya etika kerja yang sangat baik, dan siapa pun yang pernah bekerja pada saya akan mengatakan kepada Anda bahwa saya adalah seorang yang berdedikasi dan sangat dapat diandalkan. Saya selalu menepati tenggat waktu dan tujuan yang saya tetapkan bagi diri saya sendiri. Saya diajari untuk bekerja mencari penghasilan, bukan hanya mengumpulkannya dengan cara sekadar datang.


Spoiler for evaluasi jawaban pertanyaan 20:
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(B) Ini adalah jawaban yang paling kuat karena terdengar penuh semangat dan persuasif. Anda dapat membawa sesuatu yang dibutuhkan oleh perusahaan baru tersebut, dan Anda dapat memberikan nilai tambah. Salah satu yang menjadi titik kekhawatiran tatkala seseorang itu overqualified adalah bahwa dia tidak akan betah tinggal lama-lama. Kekhawatiran itu dapat disampaikan pada jawaban-jawaban berikutnya.

Jawaban Pertengahan

(A) Jawaban ini tidak buruk; hanya saja ada nada putus asa, hampir seperti mengemis untuk mendapatkan pekerjaan. Situasi ini hendaknya bersifat win-win bagi setiap orang: "Ini apa yang hendak saya tawarkan. Apa yang sedang Anda cari?" Salah satu yang menjadi titik kekhawatiran dari seseorang yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun adalah bahwa gaji yang diminta akan terlalu tinggi. Bagaimanapun, yang terbaik adalah tidak mengangkat pokok pembicaraan ini hingga sang pewawancara menanyakan hal itu.

Jawaban Terlemah

(C) Jawaban ini terdengar usang dan perlu disegarkan. Tatkala seseorang berpikir bahwa Anda overqualified, mungkin saja dia sedang menghubungkannya dengan berapa tahun pengalaman Anda. salah satu hal yang mungkin dikhawatirkan oleh sang pewawancara adalah kemampuan Anda untuk be cutting-edge. Tatkala Anda bicara tentang tidak adanya komputer pada "masa-masa lalu yang indah," pewawancara mulai berpikir bahwa kecurigaan mereka itu benar.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.


Spoiler for pertanyaan 21:
21. "Jika saya bertanya kepada teman-teman sekerja Anda tentang tiga hal positif pada diri Anda, apa yang akan mereka katakan?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Mungkin mereka akan mengatakan kepada Anda bahwa saya adalah seorang yang sangat tahu tentang pekerjaan saya dan saya bersedia berbagi pengetahuan saya dengan mereka kapanpun mereka membutuhkan bantuan. Kedua, mereka akan mengatakan bahwa saya memiliki keahlian berorganisasi yang sangat baik. Saya membuat perencanaan di depan dan menepati jadwal yang dibuat. Yang ketiga, mereka mungkin akan mengatakan bahwa saya tahu kapan saatnya untuk tertawa. Saya sudah belajar dari pengalaman bahwa engkau tak perlu menganggap suatu situasi terlalu serius.

(B) Saya tidak benar-benar yakin apa yang akan mereka katakan. Kami semua bekerja bersama dengan baik namun tidak banyak interaksi sosial yang terjadi. Saya pikir mereka akan mengatakan kepada Anda bahwa saya adalah seorang pekerja keras, karena memang begitulah saya. Saya pikir mereka akan mengatakan bahwa saya adalah seorang yang sangat perhatian; paling tidak saya berusaha untuk itu. Dan saya pikir mereka akan bilang bahwa saya adalah seorang pemain tim. Saya selalu berusaha membantu orang lain.

(C) Itu adalah pertanyaan yang sulit. Saya pikir mereka akan mengatakan bahwa saya bertanggung jawab. Saya selalu bersikap kooperatif. Saya tidak bergosip atau terlibat dalam politik perusahaan. Pada sisi negatifnya, sebagian dari mereka berpikir saya menjaga jarak karena saya tidak ikut bergosip ria. Namun saya pikir yang terbaik adalah untuk menjaga agar pekerjaan tetap berbasis pada nonpersonal.


Spoiler for evaluasi jawaban pertanyaan 21:
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(A) Ini adalah jawaban yang paling kuat bukan hanya karena contoh-contoh yang ada di dalamnya namun karena keahlian-keahlian yang disebutkan adalah paduan dari berbagai keahlian. Anda tadi memberikan contoh tentang pengetahuan kerja Anda; keahlian berorganisasi yang Anda miliki, yang dapat diterapkan pada pekerjaan apa saja; dan ciri-ciri kepribadian Anda, yang membuat diri Anda menjadi orang yang disukai. Adalah hal yang terbaik manakala Anda dapat memberikan paduan keahlian dan ciri-ciri. Itulah yang membuat diri Anda unik.

Jawaban Pertengahan

(B) Jawaban ini akan lebih kuat jika Anda tadi memberikan beberapa alasan untuk mendukungnya, seperti, "Mereka mungkin akan mengatakan bahwa saya adalah seorang yang sangat perhatian. Saya selalu ingat hari ulang tahun siapa saja dan mengirim kartu atau hadiah kecil." Manakala Anda memberikan sebuah contoh beserta pernyataan itu, maka dampak yang ditimbulkannya akan lebih besar. Juga, hindari kata-kata "Saya pikir." Hal itu membuat Anda tampak kurang percaya diri.

Jawaban Terlemah

(C) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena tidak ada sebuah sudut pandang positif dan berubah menjadi negatif pada akhirnya. Jangan sekali-kali secara sengaja memberikan pikiran yang negatif tentang diri Anda sendiri jika tidak ditanyai tentang kelemahan yang Anda miliki. Jawaban ini tidak memberikan banyak kesan bahwa Anda adalah seorang pemain tim.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 0 poin.


Spoiler for pertanyaan 22:
22. "Mengapa kami harus menerima Anda?"

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya dapat melakukan pekerjaan ini. Saya tahu saya bisa. Karena saya orang yang cepat belajar, saya punya kemampuan untuk menangkap segala sesuatu lebih cepat dibandingkan hampir semua orang. Sekarang ini saya sedang ikut kursus untuk belajar beberapa program komputer yang tidak saya ketahui. Saya dapat mempelajari pekerjaan ini dengan sangat cepat dan siap bekerja dalam waktu yang sesegera mungkin. Saya sedang mencari sebuah peluang untuk mencoba sesuatu yang baru.

(B) Keahlian saya berhubungan dengan orang adalah apa yang dapat saya bawa pada pekerjaan dan perusahaan ini. Saya punya kemampuan untuk mempelajari orang-orang dan memperlakukan mereka secara individual dengan cara yang hampir semua orang lain tidak bisa. Para pelanggan saya selalu bertanya kepada saya secara pribadi karena mereka tahu saya akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada mereka. Tatkala saya melihat iklan lowongan kerja ini di Internet, saya tahu bahwa pekerjaan ini adalah "milik saya."

(C) Jika Anda bandingkan antara kualifikasi yang saya miliki dengan persyaratan yang Anda perlukan, akan Anda lihat bahwa saya adalah orang paling mendekati sempurna untuk menduduki posisi ini. Anda sedang mencari seseorang yang memiliki pengalaman bertahun-tahun dan keahlian yang saya miliki dalam industri ini, dan di samping itu saya memiliki keahlian menulis yang sangat baik. Saya punya kemampuan untuk bekerja dengan beragam orang dari semua lapisan. Jika Anda hendak bertanya kepada mantan kolega-kolega saya, mereka akan mengatakan kepada Anda, "Dialah orangnya. Dia selalu membuat suasana penuh semangat dan pekerjaan mengalir."


Spoiler for evaluasi jawaban pertanyaan 22:
EVALUASI JAWABAN

Jawaban Terkuat

(C) Ini adalah jawaban yang paling kuat. Cara terbaik untuk mempengaruhi sang pewawancara bahwa diri Anda adalah yang terbaik untuk mendapatkan pekerjaan itu adalah dengan menampilkan diri sebagai orang yang paling cocok dengan persyaratan yang diperlukan sedekat mungkin. Buatlah agar mereka tahu bahwa Andalah orang yang cocok dengan mengatakan kepada mereka tentang keahlian-keahlian Anda, khususnya pada area-area spesifif yang dibutuhkan. Jika Anda memiliki suatu hal yang dapat ditambahkan pada pekerjaan itu, maka ini akan menjadi suatu keistimewaan; mungkin saja hal itu bisa menjadi faktor yang menentukan apakah Anda akan mendapatkan pekerjaan itu atau tidak. Dengan mengutip pendapat dari teman-teman sekerja atau atasan membantu membuktikan poin yang Anda miliki tanpa Anda harus mengatakannya.

Jawaban Pertengahan

(B) Jawaban ini tidak sekuat (C), namun memiliki nada kebenaran. Pertimbangkanlah untuk menyatakan satu atau dua poin yang kuat yang Anda miliki di luar deskripsi pekerjaan: sebuah "nilai tambah." Jawaban ini juga memperlihatkan adanya rasa percaya diri yang kuat dan kemampuan Anda untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Jawaban Terlemah

(A) Ini adalah jawaban yang paling lemah karena ada nada putus asa. Sulit untuk menjual manakala Anda tidak memiliki persyaratan yang dibutuhkan bagi pekerjaan itu. Jawaban ini memang memperlihatkan adanya sikap yang bersemangat dan sebuah kemampuan yang terbukti untuk belajar dengan cepat, yang mana hal itu merupakan pendekatan yang tepat untuk diambil manakala Anda kurang memiliki keahlian. Ingatlah bahwa perusahaan tersebut tidak punya urusan untuk mengajari Anda hal-hal baru namun yang diinginkan adalah bagaimana pekerjaan itu selesai.

BERILAH PENILAIAN PADA DIRI ANDA

Bila Anda memilih jawaban (C), beri nilai diri Anda 5 poin.

Bila Anda memilih jawaban (B), beri nilai diri Anda 3 poin.

Bila Anda memilih jawaban (A), beri nilai diri Anda 0 poin.

1 komentar:

pieces of my thoughts mengatakan...

Kamu dapat ini darimana, Ki? KEREN... Ntr malam tak coba ah... Hehehe...

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design